Google
 

2.25.2008

Universal Mobile Telecommunications System (UMTS)

Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) merupakan salah satu teknologi selular generasi ketiga (3G). Saat ini, format umum UMTS menggunakan W-CDMA air interface. Sesuai dengan standard 3GPP, dan sesuai dengan standar Eropa ITU IMT-2000 mengenai spesifikasi kebutuhan untuk sistem seluler 3G.

Untuk membedakan UMTS dari teknologi jaringan kompetitor, UMTS kadang-kadang dipasarkan sebagai 3GSM, menekankan kombinasi dari 3G dan standart GSM. UMTS menggunakan teknologi WIDEBAND CDMA untuk transmisi, dengan modulasi yang lebih efisien dibanding GSM. Hal ini akan memungkinkan UMTS untuk dapat bernilai lebih, dan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi kepada pemakai akhir

UMTS menggunakan teknologi W-CDMA, yang secara teori mampu mendukung kecepatan transfer data sampai dengan 14.0 Mbit/detik (dengan HSDPA), walaupun pada saat para pemakaian di dalam jaringan, pemakai dapat harapkan sampai dengan kecepatan 384 kbit/detik untuk handset R99, dan 3.6 Mbit/detik untuk handset HSDPA untuk koneksi downlink. Kecepatan ini masih jauh lebih besar dibandingkan dengan 9,6 kbit/detik dari kanal GSM CSD atau 9.6 kbit/s dalam HSCSD (14.4 kbit/s untuk CDMAOne), dan dalam kompetisi dengan teknologi jaringan lain seperti CDMA2000, PHS atau WLAN yang menyediakan akses kepada World Wide Web dan layanan data lain pada piranti bergerak.

Pendahulu dari 3G adalah 2G sistem telepon bergerak, seperti GSM, IS-95, PDC, PHS dan teknologi 2G lainnya yang tersebar di negara-negara yang berbeda. Di dalam kasus GSM, ada suatu alur evolusi dari 2G, yang disebut GPRS, juga dikenal sebagai 2.5G. GPRS mendukung kecepatan data yang lebih baik (secara teori 140.8 kbit/d, meskipun kenyataannya hanya 56 kbit/s) dan melakukan switching paket bukan switching sirkuit yang berorientasi koneksi.

Teknologi ini tersebar di banyak tempat dimana GSM digunakan. E-GPRS, atau EDGE merupakan evolusi lebih lanjut dari GPRS dan berdasarkan pada rencana persandian yang lebih modern. Dengan EDGE, kecepatan aktual transfer paket data dapat menjangkau sekitar 180 kbit/detik (efektif). Sistem EDGE sering ditunjuk sebagai sistem 2.75G Sistem.
Sejak 2006, jaringan UMTS di banyak negara telah menjadi atau sedang dalam proses upgrade dengan High Speed Downlink Packet accses (HSDPA), biasa dikenal sebagai 3.5G. Sekarang ini, HSDPA memungkinkan kecepatan downlink sampai dengan 7.2 Mbit/detik. Pekerjaan lainnya adalah kemajuan atas peningkatan kecepatan uplink dengan High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA). Dalam jangka panjang, proyek 3GPP evolusi jangka panjang merencanakan untuk memindahkan UMTS ke kecepatan 4G 100 Mbit/detik downlink dan 50 Mbit/S uplink, menggunakan teknologi generasi baru air interface berbasis pada OFDM.

UMTS mendukung videoconferencing bergerak, walaupun telah sukses di Jepang dan di tempat lain telah menunjukkan permintaan pemakai untuk panggilan video kurang begitu baik. Penggunaan lain yang mungkin untuk UMTS meliputi downloading video dan musik, seperti halnya TV.